administrasi pendidikan

RPP Kurikulum 2013 sd Kelas 1 Revisi 2013 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1

Diposting oleh On 23.34

RPP Kurikulum 2013 sd Kelas 1 Revisi 2013 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1

RPP Kurikulum 2013 sd Kelas 1 Revisi 2013 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 yang membahas tentang Diriku -Tubuhku merupakan perangkat pembelajaran awal yang digunakan oleh para guru wali kelas 1 SD dalam menyampaikan materi kepada peserta didiknya sesuai dengan prosedur.

Berikut ini rencana pelaksanaan pembelajaran seperti yang tercantum pada judul diatas,  hanya sebagai gambaran saja maka administrasi pendidikan dot com cuma menampilkan Bagaimana cara pelaksanaan pembelajarannya:

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran RPP Kurikulum 2013 sd Kelas 1 Revisi 2013 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1

Kegiatan Pembuka ( 10 menit )
• Pada awal pelajaran, guru memberi salam.
• Guru mengajak siswa berdoa sebelum memulai kegiatan.
• Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan kabarnya, apakah sehat atau ada yang sakit. Semoga semua dalam keadaan sehat.
• Untuk mencairkan suasana, guru mengajak siswa untuk menyanyi bersama “Dua mata saya”. (lihat buku siswa halaman 2)
• Sambil menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa menunjuk bagian-bagian tubuh sesuai dengan teks lagu.
Kegiatan inti ( ±............. menit )
• Guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis.
• Minta siswa mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut belum ada namanya.
• Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan membacakannya. Minta salah satu   siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut di dekat bagian tubuh sesuai dengan yang dimaksud kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
• Guru dan siswa mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu bagian tubuh dan menyebutkan namanya.  Guru lalu membaca kartu nama anggota tubuh yang tertempel di dekat anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak ya antara nama anggota tubuh di kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud.
• Jika ada kartu nama yang salah tempel, minta siswa lain untuk membetulkannya.
• Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama anggota 
• tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru. (lihat buku siswa halaman 39)
• Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bersama-sama membaca nyaring nama-nama bagian tubuh sambil guru menunjuk nama dan anggota tubuh yang dimaksud.
• Guru lalu bertanya kepada siswa, bagaimana ya caranya supaya badan sehat. (siswa akan memberi  banyak jawaban, salah satunya adalah makan) 
• Guru bertanya kepada siswa, bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan,  sedang makan, dan selesai makan.
• Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan saat makan di rumah.
• Siswa akan bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan,  sedang makan, dan selesai makan.
• Guru lalu meminta siswa berpasangan dengan seorang teman di sebelah kanannya (bisa juga dengan  
• teman sebangku/semeja). Setiap pasangan saling bertanya jawab/diskusi tentang aturan saat makan.
• Jenis pertanyaan dipandu oleh guru, seperti: apakah tadi pagi sudah makan? Sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan? Kalau makan di mana, di meja makan atau boleh dimana saja? Kalau makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri? Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap jika sudah selesai makan?
• Kemudian guru meminta perwakilan siswa untuk menunjukkan tentang sikap saat makan di rumah.
• Setelah selesai, guru minta siswa mengamati buku siswa halaman 40. Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa saat hendak, akan, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa?
• Setelah itu guru merangkum semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan di rumah tentang makan. Secara umum aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
- Mencuci tangan sebelum makan
- Berdoa sebelum makan
- Makan sambil duduk
• Guru menanamkan kepada siswa untuk mengikuti aturan di rumah saat makan.
Kegiatan Akhir ( 15 menit )
• Sebelum kegiatan ditutup, siswa dan guru bergerak bersama dalam sebuah ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. (lihat di buku siswa pada halaman 41).
• Guru memberi contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut.
• Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
• Sikap berdiri, pandangan ke depan
• Kedua tangan di pinggang
• Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
• Gerak kepala tengok kanan dan kiri
• Awalnya bersama-sama. Lalu bergantian per 10 orang siswa mengulangi gerakan tariannya.
• Setelah menari, semua siswa mengerjakan latihan di buku siswa halaman 42 dan 43.
• Di akhir kegiatan, guru mengulang kembali nama-nama bagian tubuh.
• Guru melakukan refleksi sebelum menutup kegiatan:
- Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
- Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
- Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
- Setelah refleksi, guru memimpin siswa untuk berdoa sebelum pulang.
• -Guru mempersilahkan siswa pulang. Siswa memberi salam pada guru.
- Tiba di rumah, siswa memberi salam kepada orang tua.
Penilaian
• Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
• Penilaian pengetahuan:
- Tes tertulis
• Penilaian keterampilan:
Penilaian: Unjuk kerja
 Menggerakkan tubuh dalam sebuah ragam gerak yang diiringi lagu “Kepala, pundak, lutut, kaki”

Download RPP Kurikulum 2013 sd Kelas 1 Revisi 2013 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1

Semua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di atas tertuang secara keseluruhan pada file yang bisa Bapak Ibu download melalui link di bawah ini :

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »